Template auto reply berfungsi untuk membuat template atau skema respon otomatis dari pesan whatsapp yang masuk ke nomor whatsapp anda. Untuk menggunakan fitur ini buka / klik menu “Template Auto Reply” lalu akan muncul beberapa contoh template auto reply untuk anda gunakan sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.
Jika tidak diperlukan anda dapat menghapus contoh template auto reply tersebut dengan cara klik tombol “Actions” lalu klik “Hapus”.
Ada beberapa opsi template auto reply yang anda dapat gunakan mulai dari auto reply text, reply button, template button, dan list button
Auto reply text merupakan format atau template standart auto reply yang dapat membalas pesan otomatis yang anda terima berupa pesan text sesuai pengaturan auto reply yang anda buat. Untuk membuat auto reply text klik tombol “Tambah Template Autoreply” pada halaman menu Template Auto Reply
Setelah itu akan muncul sidebar form tambah template autoreply seperti gambar diatas, silahkan isi kolom input yang tersedia mulai dari :
- Pilih nomor pengirim autoreply
Jika anda memiliki beberapa nomor whatsapp anda dapat menentukan secara spesifik nomor mana yang akan mengirim pesan jika kyword auto reply yang anda buat digunakan oleh customer, atau anda dapat memilih opsi “SEMUA” maka semua nomor yang terdaftar di wabot anda akan dapat merespon auto reply yang anda buat.
- Keyword Autoreply
Tentukan keyword atau kata kunci yang digunakan untuk mendapatkan respon dari template auto reply yang dibuat. Anda dapat menentukan lebih dari satu keyword dengan memberikan tanda koma “,” untuk memisahkan keyword satu dan keyword lainnya. Keyword yang digunakan tidak case sensitif atau besar kecilnya huruf tidak berpengaruh.
- Persentase kemiripan autoreply
Anda dapat menentukan seberapa besar persentase kemiripan text keyword yang digunakan, semakin besar persentase kemiripan maka semakin besar ketepatan tulisan keyword yang digunakan akan bekerja atau merespon.
- Tanggapan Autoreply
Pesan atau text yang akan dikirim atau direspon ketika keyword yang telah ditentukan digunakan atau dichat oleh customer ke nomor whatsapp yang terhubung ke wabot.
Anda dapat menggunakan variabel {name} agar ketika respon dikirim akan menyebutkan nama customer sesuai nama profile customer yang mengirimkan pesan ke anda menggunakan keyword yang telah ditentukan. Anda juga dapat menggunakan variabel yang ada pada kolom phonebook yang anda telah buat di phonebook berupa {email}, {memo}, {column1} s.d {column5} jika pada saat anda membuat phonebook anda mengisi kolom-kolom variabel tersebut.
- Autoreply mediafile
Anda Juga dapat menambahkan media atau dokumen tambahan untuk template autoreply yang anda buat jika dibutuhkan dengan beberapa format file diantaranya JPEG/PNG/GIF/PDF/DOCX/PPTX/XLSX/CSV/MP3.
- Tipe Button
Terdapat pilihan tombol yang dapat anda gunakan agar respon auto replay menjadi lebih interaktif diantaranya Reply button, template button, dan list button. Untuk tipe auto reply text opsi ini tidak perlu dipilih.
Jika seluruh opsi dan kolom form tambah auto reply telah terisi selanjutnya klik tombol “Kirim” untuk menyimpan data template auto reply yang anda buat.
Jika anda perlu melakukan perubahan dari template replay yang telah anda buat anda cukup klik isi data yang ada pada tabel list template autoreply atau klik tombol “Action” lalu klik “Edit” untuk merubah template yang telah anda buat.
Anda dapat mencoba template auto reply yang telah dibuat dengan cara kirim pesan atau chat sesuai keyword yang anda gunakan pada template autoreply yang anda telah buat ke nomor whatsapp yang terhubung ke wabot.